TEXT BERJALAN

Tinkerbell Glitter

Rabu, 10 April 2019

Pengertian dan Sejarah Komputer



PENGERTIAN DAN SEJARAH KOMPUTER    





A.     PENGERTIAN DAN SEJARAH KOMPUTER
Pengertian komputer
Komputer adalah suatu system pengolah symbol ( atau data) yang cepat dan akurat, yang dirancang dan diorganisir untuk secara otomatis mengambil dan menyimpan data, mengolah data tersebut, kmudian memproduksi hasil dibawah pengarahan seperangkat intruksi yang disimpan dalam system tersebut. Iintruksi tersebut ditulis dalam bentuk yang sangat detail dan sifatnya adalah langkah demi langkah.
Dalam hal ini computer tidak mungkin dapat bias bekerja sendiri tanpa adanya progam yang telah dimasukan kedalamnya. Progam ini bias berupa suatu prosedur pengoprasian dari computer itu sendiri ataupun prosedur dalam hal pemprosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan progam – progam inilah yang dapat kemudian dapat disebut sebagai softwer computer ataupun perangkap lunak computer.
Secara prinsip computer hanyalah merupakan sebuah alat yang bias digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan mereka alat tersebut juga memerlukan adanya progam dan manusia.
Sejarah Perkembangan Computer Menurut pereodenya :

v  Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik
v  Computer generasi pertama
v  Computer generasi kedua
v  Computer generasi ketiga
v  Computer generasi keempat
v  Computer generasi kelima

1.       Komputer Generasi Pertama
Dengan terjadinya perang kedua Negara yang terlibat dalam perang berusaha untuk mengeksploit potensi potensi dari computer, hal ini meningkatkan pengembangan computer serta mempercepat kemajuan computer
a)      Colassus
b)     Mark I
c)      Eniac
d)     Edvac
e)      Univac I


2.       Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Strech dan Larc Mesin pertama yang memanfaatkan tegnologi baru ini adalah IBM membuat supercomputer yang bernama Strech dan Sprery Rand membuat computer bernama Lark. Komputer ini yang dikembangkan untuk  laboraturium energy atom dapat menangani jumlah besarnya data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin ini juga sangat mahal dan cenderung terlalu komplek untuk kebutuhan komputasi bisnis.
Dan pada awal 1960 an mulai muncul computer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis di universitas dan dipemerintahan, dan computer ini sepenuhnya menggunakan transistor, mereka juga mempunyai komponen priter, penyimpanan dalam disket, memory, sitem oprasi dan progam.
3.       Komputer Generasi ketiga
Walaupun transiator dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun namun transiator menghasilkan panas yang sangat besar yang bias berpotensi merusak bagian internal computer, batu kuarsa ( quartz rock) menghasilkan masalah ini. Jack Kilbi seorang insyinyur di texas intrumen, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated Cirkuit) di tahun 1958. IC Mengkombinasikan tiga kompunen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Pada ilmuan kemudian berhasil memasukan lebih banyak komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor : hasilnya computer menjadi semakin kecil karna komponen dapat didapatkan dalam chip, kemajuan computer generasi ketiga lainya adalah penggunaan system oprasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai progam yang berbeda secara serentak dengan sebuah progam utama yang memonitor mengkoordinasi memori computer.
4.       Komputer Generasi keempat ( 1979 – Sekarang)
Setelah IC tujuan pengembangan lebih jelas mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen elektrik Large Scale Intregration ( LSI) yang dapat memuat ratusan komponen pada sebuah chip. Pada 1980 an Very large scale interation (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1981 an IBM memperkenalkan penggunaan porsenal computer ( PC) untuk penggunaan rumah, kantor, dan sekolah jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit menjadi 5,5 pada tahun 1982.
Pada masa sekarang kita sangat kenal dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4, ( serial CPU dari Intel) juga kita kenal dengan AMD, ini semua masuk dalam computer generasi yang keempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar